Kilau ART Studio "Bersama Membangun Bangsa"

URBAN SPACE

   27-02-2021 23:04     141

Komunitas Kilau Art Studio berinisiatif untuk menciptakan sebuah ruang imajinasi bagi anak lewat medium seni. Dengan tajuk Urban Space “Warna-Warni Anak dalam Ruang Kota,” komunitas Kilau Art Studio memberi workshop menggambar gratis bagi anak-anak dengan rentang usia 8-12 tahun.

Metode yang disuguhkan dalam workshop ini cukup menarik, dimana anak-anak di dorong untuk berani langsung melukis dengan menggunakan spidol, kuas dan cat akrilik. Hal ini bertujuan untuk merangsang keberanian dan rasa percaya diri anak-anak terhadap karya-karya yang mereka buat.

 

Selain itu, tema-tema yang diberikan juga tidak umum. Anak-anak diminta untuk melukis suasana kota, rumah, cita-cita, hubungan mereka dengan temannya, bahkan cuaca dengan perspektif mereka sendiri. Sehingga karya- karya yang dihasilkan cukup unik, bersifat argumentatif dan kritis.

Workshop ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 2014. Selama kurun waktu tersebut ada ratusan karya anak-anak dalam medium multiplek dan canvas.

50 karya pilihan akan  dikemas dalam sebuah buku dan disandingkan dengan cerita pendek dari penulis anak pilihan Komunitas Kilau Art Studio.

 

Menariknya, karya atau lukisan anak-anak itu tidak bersifat ilustrasif yang mengikuti naskah penulis, melainkan sebaliknya. Dimana penulis diharapkan mampu menarik sebuah simpulan yang direpresentasikan oleh anak-anak lewat karyanya, tentang visi yang hendak disampaikan di dalam masing-masing karya tersebut.

Dengan proses dan metode kerja demikian, diharapkan buku ini nantinya bisa menjadi solusi terkait anjloknya minat baca anak-anak karena isi dari buku tersebut relevan dan memang bersumber dari anak lewat karya lukis yang mereka buat.

Selain itu, buku ini diharapkan juga bisa menjadi sarana ekspresi dan apresiasi anak-anak kota khususnya Jakarta yang selama ini mungkin kerap diabaikan. Dengan buku ini, kita juga bisa melihat bagaimana anak-anak memandang lingkungan sekitar dan tentu saja kota dimana dia tinggal.

Tags: